SpongeBob SquarePants

Jumat, 13 Mei 2016

KEBUTUHAN DASAR MANUSIA Menurut Abraham Maslow



KEBUTUHAN DASAR MANUSIA
Menurut Abraham Maslow
.
.
.
.
  
Kelompok           : 3
Kelas                   : A.12.1
NamaAnggota   : 1. Priska Prisilia       (15150023)
                     2. Ria Triwijayanti    (15150024 )
                      3. Windah Widi A.    ( 15150025)
                      4. Hartini                    ( 15150026)
                      5. Stefani Talia F.K (15150027)
                      6. Angela Christine   ( 15150028)
                      7. Nurvtita Sari         (15150029)
                     8. Beatrix Dasilvi M.(15150030)
                     9. Julaina Ganit        (15150031)
                    10. Indaha Jannatul M( 15150032)
                    11, Leonarda Manuni (15150033)
                            








Kata Pengantar

          Puji dan syukur kami panjatkan kepadaTuhan yang Maha Esa karena rahmat-Nya kami dapat bekerja sama untuk menyelsaikan makalah tentang Kebutuhan Dasar Manusia menurut Abraham Maslow. Kami juga berterimakasih kepada ibu Dewi S, S.Si.T, M.P.H selaku dosen mata kuliah Kebutuhan Dasar Manusia.
          Kami sangat berharap makalah ini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan serta pengetahuan tentang hal-hal dasar yang kita butuhkan sebgai manusia di dalam kehidupan. Kami juga sangat menyadari didalam makalah ini banyak sekali kekurangan bahkan jauhdari kata sempurna.Maka dari itu kami sangat mengharapkan kritik  dan saran untuk  makalah kami ini  agar  dapat di perbaiki di tugas yang akandatang.
          Semoga makalah yang sederhana ini mudahuntuk di pahami bagi siapapun terutama para mahasiswi kebidanan. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kata-kata yang kurang berkenan karena mengingat tidak ada satupun yang sempurna dan tidak luput dari kesalahan.


Yogyakarta,19 september  2015

Hormat kami,




Kelompok 3


















DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR………………………………………………. 2
DAFTAR ISI………………………………………………………… 3

KDM menurut Abraham Maslow………………………………….. 4

Kesimpulan…………………………………………………………... 7

DaftarPustaka……………………………………………………….. 8





























Kebutuhan Dasar Manusia Menurut Abraham Maslow
Kebutuhan dasar manusia adalah unsur-unsur yang di butuhkan manusia untuk menjaga dan mempertahankan keseimbngan baik secara fisiologiss maupun secara psikologis yang bertujuan untuk memperthankan hidupnya. Setiap manusia memiliki kebutuhan yang berbeda yang di pengaruhi oleh kebiasaan dan kebudayaan karena pada dasarnya kebutuhan semua manusia adalah sama.
Menurut Abraham maslow manusia memiliki lima tingkat kebutuhan hidup yang akan selalu berusaha  untuk di penuhi sepanjang masa hidupnya. Kebutuhan tersebut berjengjang dari yang paling mendesak hingga yang akan muncul dengan sendrinya saat kebutuhan sebelumnya telah terpenuhi.Abraham maslow menyajikan teorinya itu dalam bentuk piramida yang di urutkan dari yang paling dasar yaitu yang paling mendesak untuk di penuhi hingga  tingkat yang kepenuhannya dapat di tunda. Lima tingkatan kebutuhan dasar manusia itu adalah kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman dan perlindungan, kebutuhan rasa cinta, kebutuhan harga diri dan kebutuhan aktualisasi diri.


Gambar :kebutuhandasarmanusiamenurutAbhrahamMaslaw




1.     Kebutuhan fisiologis.
Kebutuhan  fisiologis merupakan kebutuhan yang paling dasar dan menempati prioritas tertinggiyakni kebutuhan untuk mempertahankan hidupnya secara fisik. Kebutuhan-kebutuhan itu seperti kebutuhan akan makanan, minuman, tempat berteduh, seks, tidur dan oksigen. Misalnya manusia yang merasalapar akan selalu termotivasi untuk makan, bukan untuk mencari teman atau dihargai.Pada masyarakat yang mapan hasrat untuk memuaskan rasa laparnya adalah gaya hidup. Mereka biasanya sudah memiliki cukup makanan, namun ketika mereka mengatakan lapar, sebenarnya yang mereka pikirkan adalah citarasa makanan yang hendak dipilih, bukan rasa lapar yang dirasakannya, sebab mereka yang benar-benar lapar tidak memperdulikan tentang rasa, bau, temparatur dan tekstur. Kebutuhan fisiologis satu-satunya kebutuhan yang bisa di atasi.Manusia dapat merasakan cukup dalam aktivitas makan sehingga pada titik ini, daya penggerak untuk makan akan hilang. Bagi seseorang yang baru saja menyelesaikan sebuah santapan besar, dan kemudian membayangkan sebuah makanan lagi sudah cukup untuk membuatnya mual.
Kebutuhan ini biasanya menyebabkanmanusia yang bersangkutan kehilangan atas dirinya sendiri karena seluruh kapasitas manusia tersebut dikerahkan dan dipusatkan hanya untuk memnuhi kebutuhan dasarnya itu.

2.     Kebutuhan rasa  aman dan  perlindungan.
Setelah kebutuhan dasar tercukupi maka muncullah rasa aman dan nyaman, dimana rasa ini merupakan sebuahkebutuhan. Kebutuhan ini meliputi kebutuhan perlindungan baik secara fisiologiss maupun psikologis.
o   Perlindungan fisiologissmeliputi perlindungan atas ancaman terhadap tubuh atau hidup seperti penyakit, kecelakaanbahaya dari lingkungan.
o   Perlindungan psikologis  meliputi perlindungan atas ancaman,dari pengalaman yang baru dan asing. Misalnya,kekhawatiran yang dialami seseorang ketika masuk sekolah pertama kali karena merasa terancam oleh keharusan untuk berinteraksi dengan orang lain.
Menurut Maslow mereka yang tidak aman akan bertingkah seprti anak-anak yang tidak aman. Mereka juga akan bertingkah laku seolah-seolah mereka sedang dalam keadaan terancam besar. Mereka yang merasa tidak aman akan berusaha keras menghindar dari hal-hal yang asing bagi mereka.
Kenyaman mestinya di pandang secara holistik atau menyeluruh  yang mencakup 4 aspek yaitu:
1.     Fisik, berhubungan dengan sensasi tubuh
2.     Sosial,berhubungan dengan hubungan dengan  interpersonal,keluarga,dan sosial
3.     Psikospiritual,berhubungan dengan kewaspadaan internal dalam diri sendiri yang meliputi harga diri,seksualitas,dan makna kehidupan.
4.     Lingkungan,berhubungan dengan latar belakang pengalaman eksternal manusia seperti cahaya,bunyi,temperatur,warna,dan unsur ilmiah lainnya

3.     Kebutuhan rasa cinta.
Jika kebutuhan fisiologis dan kebutuhan akan rasa aman telah terpenuhi, maka muncullah kebutuhan akan cinta, kasih sayang dan rasa memiliki-dimiliki,kehangatan,dan persahabatan; mendapat tempat dalam keluarga serta kelompok sosial.seseorang yang kebutuhan rasa cintanyasudahterpenuhisejakanak-anaktidakakanmerasapanikdanrisauketikamenolakcinta. Sebab ia memiliki keyakinan yang besar bahwa dirinya akan diterima oleh orang-orang yang ia anggap penting didalam hidupnya.Begitupun sebaliknya, ketika ia di tolak ia tidak akan merasa hancur. Menurut Maslow, sikap saling percaya itu menyangkut kepada sebuah hubungan yang sehat antara dua orang. Rasa cintapunkadangbisamenjadirusakapabilasalahsatupihakmerasatakutataskelemahandankesalahannya.OlehsebabituKita harusbisa memahami cinta, harus mampu mengajarkannya, menciptakannya dan meramalkannya.Jika tidak, dunia akan hanyut ke dalam gelombang permusuhan dan kebencian.

4.     Kebutuhan akan harga diri.
Setelah kebutuhan dicintai dan dimiliki tercukupi, manusia akanmulai bebas untuk mengejar kebutuhan akansuatu penghargaan. Maslowkemudian menemukan bahwa setiap orang yang memiliki dua kategori mengenai kebutuhan penghargaan, yaitu kebutuhan yang lebih rendah dan lebih tinggi. Kebutuhan yang rendah adalah kebutuhan untuk menghormati orang lain, kebutuhan akansebuah status, sebuahketenaran, diakui, danperhatian. Kebutuhan yang tinggi adalah kebutuhan akan harga diri termasuk perasaan,penguasaan, keyakinan,prestasi,  kompetensi,kemandirian sertakebebasan.Sekali manusia dapat memenuhi kebutuhan untuk di hargai ia akan memasuki gerbang aktualisasi diri.


5.     Kebutuhan Aktualisasi Diri
Kebutuhan aktualisasi diri  merupakan kebutuhan tingkat terakhir hirarki Maslow. Kebutuhan ini tidak melibatkan sebuah keseimbangan, tetapi melibatkan sebuah keinginan yang terus menerus ingin memenuhi potensidiri. Awalnya Maslow berasusmsi bahwa kebutuhan untuk aktualisasi diri langsung muncul setelah kebutuhan untuk dihargai terpenuh. Akan tetapi selama tahun 1960-an, ia menyadari bahwa banyak anak muda memiliki pemenuhan yang cukup terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih rendah seperti harga diri, tetapi mereka belum juga bisa mencapai aktualisasi diri.Maka Maslow menggambarkan kebutuhan ini sebagai hasrat untuk mempunyai kepribadian dimensi yang matang,sering mampu mengasumsi dan menyelesaikan tugas yang banyak, mencapai  pemenuhan kepuasan dari  pekerjaan yang di kerjakan  dengan baikdan tidak tergantung secara penuh kepada orang lain.
Selain mengemukakan 5 tingkat kebutuhan dasarmanusia, Maslow juga mengemukakan ciri-ciri manusia yang sehat, sebagaiberikut
a.     Menerima realitas secara tepat
b.     Menerima diri dan orang lain apa adanya
c.      Bertindak secara aspontan dan alamiah,tidak dibuat-buat
d.     Memusatkan pada masalah-masalah bukan pada peerseorangan
e.      Memiliki kekuasaan dan tidak bergantung pada orang lain
f.       Memiliki ruang untuk pribadi
g.     Menghargai dan terbukaakan pengalaman-pengalaman yang memuncak
h.     Memiliki integritas diri yang total.
Abraham Maslow juga mengungkapkan bahwa di dalam diri tiapindividu memilikikonsep diri, yaitudari gambaran diri, idealdiri, peran, identitas dan harga diri.

Kesimpulan :

     Untuk beralih ke tingkat kebutuhan yang lebih tinggi kebutuhan dasar di bawahnya harus terpenuhi dahulu. Artinya terdapat suatu jenjang kebutuhan yang lebih penting dan harus di penuhi sebelum kebutuhan yang lain di penuhi. Sebagi contoh: jika  kebututuhan fisiologiss seseorang seperti makanan, cairann dan istirahat  belum terpenuhi tidak mungkin baginya untuk memenuhi kebutuhan harga diri ataupun aktualisasi diri dengan mengabaikan kebutuhan yang pertama.



DAFTAS PUSTAKA


          id.wikipedia.org/wiki/Teori­_hierarki_kebutuhan_maslow
          http://www.prawck.com/teori-kebutuhan-abraham-maslow

Tidak ada komentar:

Posting Komentar