SpongeBob SquarePants

Kamis, 09 Juni 2016

ringkasan mengenai Diit dan Diet



Pengertiang Diit serta Perbedaan Diit dengan Diet

A.          Pengertian Diit
Tubuh manusia memerlukan serangkaian nutrisi untuk dapat bekerja dengan baik. Nutrisi tersebut sebagian besar kita peroleh dari makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap harinya. Oleh karena itu, mengatur pola makan sehari-hari sangat erat kaitannya dengan keseimbangan nutrisi dan mencegah penyakit untuk menjaga tubuh tetap sehat. Pengaturan pola makan sering kita kenal dengan sebutan diet.
Diet adalah serangkaian susunan  jumlah dan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi seseorang dari hari ke hari. Diet dapat berbeda-beda untuk setiap individu sesuai dengan kondisi tubuhnya, contoh pada pasien kegemukan dianjurkan untuk diet rendah lemak, pada pasien darah tinggi dianjurkan untuk diet rendah garam, dan sebagainya.
Pengertian diet sebenarnya merupakan pola makan yang diatur dengan baik, sehat dan seimbang dalam hal kecukupan zat gizi yang dibutuhkan dan disesuaikan dengan kondisi tiap individu , baik berat badan, aktifitas, fisik, kadar lemak, dan gula darah. Namun diet sering disalah artikan sebagai pola makan khusus untuk menurunkan berat badan.
B.           Fungsi Diit
Pola diet berfungsi untuk memenuhi enam nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Pola diet diatur dengan cara menyesuaikan porsi makan sesuai dengan kebutuhan dan jenis makanan yang boleh atau tidak boleh dikonsumsi. Jumlah dan variasi makanan yang tepat akan memberikan nutrisi yang tepat untuk pemeliharaan kesehatan tubuh dan mencapai berat badan yang ideal.
Dahulu kita sering mendengar slogan makan 4 sehat 5 sempurna untuk memenuhi  enam nutrisi utama tersebut diatas. Sekarang, menurut Food Guide Pyramid ada enam grup makanan utama yang dapat dikonsumsi untuk mencapai nutrisi seimbang. Makanan tersebut adalah sebagai berikut:
1.      Roti, sereal, nasi, dan pasta sebagai sumber utama karbohidrat;
2.      Daging, unggas, ikan, telur, biji-bijian kering, dan kacang-kacangan sebagai sumber protein;
3.      Lemak dan minyak sebagai sumber lemak;
4.      Sayur-sayuran;
5.      Buah-buahan;
6.      Susu, yogurt, dan keju.
C.          Diit Sehat
Diet yang baik dapat menjaga kesehatan dan menurunkan risiko untuk terkena sebagian besar penyakit kronis yang ada, seperti darah tinggi, kencing manis, dan osteoporosis.  Ada banyak pola diet telah digunakan di pelayanan kesehatan selama pasien dirawat untuk menunjang kesembuhan pasien, misalnya diet rendah garam untuk darah tinggi, diet tinggi kalori tinggi protein, diet rendah gula untuk pasien kencing manis, dan lain-lain.
Pengurangan porsi makan atau bahkan puasa berlebihan merupakan pengertian diet yang umum di masyarakat. Pengurangan porsi makan hanyalah salah satu komponen diet, pengaturan variasi makanan agar sesuai dengan kebutuhan tubuh merupakan komponen penting yang menentukan kebehasilan diet.
Pengaturan pola makan atau diet yang sehat harus mulai diterapkan sejak dini.Diet disesuaikan dengan usia , jenis kelamin, dan kondisi kesehatan masing-masing individu .Jika ingin sehat . maka setiap orang memerlukan diet.
Tapi perlu diingat tentang diet:          
1.      Semua orang memerlukan diet yang sehat dan tepat untuk dapat hidup sehat
2.       Diet bukan hanya pola makan yang hanya membatasi asupan makanan untuk menurunkan berat badan.
3.      Diet merupakan pengaturan pola makan yang bertujua menjadikan seseorang lebih sehat.Menjalankan diet dengan pola makan yang sehat akan menjaga tubuh tetap sehat bugar.
4.      Diet dengan herbalife dapat membuat anda sehat dan menurunkan berat badan dengan aman dan alami juga membuat tubuh anda menjadi ideal dan enak dilihat.
5.      Diet dengan herbalife tidak akan membuat anda lapar, lemas,loyo, atau kurang gizi atau gizi buruk.
D.           Perbedaan Diit dengan Diet
Sesunggunya diet dengan diit adalah hal yang sama, perbedaanya adalah, jika diit itu adalah hal yang dimengerti atau sebutan yang sering disebut aleh para medis atau tenaga kesehatan. Sedangkan diet adalah hal yang sering disebut oleh orang awam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar